Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

Budidaya Ikan Gurame Kolam TerpalIkan Gurame adalah salah satu jenis ikan yang sering kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Ikan gurame ini merupakan ikan konsumsi yang enak dan gurih, seperti yang kita ketahui harga ikan gurame ini cukup tinggi di pasaran, dan juga selain itu permintaan ikan gurame ini semakin hari semakin meninggkat. Karenanya harga ikan gurame melambung naik di pasaran dan membuat para pengusaha tertarik untuk terjun di bidang perikanan...


Ikan gurame ini termasuk ikan yang cukup mudah untuk di budidayakan. ikan ini termasuk ikan herbivora yaitu ikan yang memakan tumbuhan seperti dedaunan dan lain lain.
Berikut ini saya akan berbagi informasi tentang cara budidaya ikan gurame di kolam terpal.

Untuk anda yang tidak mempunyai tempat yang cukup, Anda dapat membudidayakan ikan gurame dengan memakai kolam dari terpal. Ikan gurame pada intinya memerlukan air yang cukup. Pembuatan kolam dari terpal bisa menjadi alternatif bagi anda, jika kondisi lahan sempit.

Pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame bisa di buat dengan dua cara yaitu antara lain dengan cara :
  1. Menggali tanah dengan kedalaman tertentu, umumnya seputar 90 cm, dan kemudian terpal di pasangkan ke tanah galian tersebut.
  2. Menggunakan rangkaian yang terbuat dari kayu, bambu, besi, dll. dan kemudian terpal di pasangkan di rangkaian tersebu. dan tentu saja cara ini menurut saya cukup bagus karena memudahkan ikta untuk membuat saluran pembuangan.
Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal
Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

Tahap selanjut nya kolam tersebut di isi dengan air secukupnya. Selanjutnya alangkah baik nya jangan langsung di isi ikan, hal ini bertujuan untuk menghindari zat zat kimia berbahaya yang terkandung dari terpal yang baru, baik nya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, kolam di beri garam 2 ons/m3 dan di endap kan dulu selama beberapa hari, kemudian kuras kolam tersebut dan isi dengan air yang baru.

Selanjutnya pilihlah ikan dengan selektif, dan apabila ikan yang akan di isi ke kolam kelihatan ada yang sakit, baik nya ikan tersebut di karantina terlebih dahulu sebalum dimasukan ke kolam dan disatukan dengan ikan ikan yang lain. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan ikan yang sedang sakit dan sekaligus menyelamatkan ikan ikan lain dari ancaman penyakit yang dibawa oleh ikan yang sakit tersebut.

Ikan gurame di beri makan 2 kali dalam satu hari, yaitu pagi dan sore dengan menggunakan pelet yang memiliki kandungan protein 25% s/d 30 Persen. Sebaik nya pemberian pelet dilakukan hanya sedikit atau tidak berlebihan, sisanya anda juga bisa melakukan pemberian Daun-daunan serta sayuran amat berguna untuk kesehatan serta perkembangan ikan guramih, sehingga gurame mendapat asupan yang baik.

Pada budidaya ikan gurame dengan menggunakan terpal ini, pemberian makanan yang terlalu berlebihan, apabila ada sisa pakan baiknya segera dibuang. Catatan, sisa makanan ataupun kotoran ikan yang ada di kolam memiliki kandungan zat amoniak yang berbahaya bagi perkembangan ikan gurame karena memiliki sifat toksin atau racun. Oleh karena kualitas air haruslah terjaga, karena hal tersebut sangat berpegaruh terhadap perkembangan ikan gurame.

Ikan gurame ini sebenarnya memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik terhadap kondisi air yang buruk, namun baiknya perhatikan kondisi air kemudian bersihkan dan kuras air secara berkala untuk menjaga kesehatan ikan dan kita mendapat hasil yang optimal.

Sekian informasi saya tentang Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal, semoga bermanfaat dan terima kasih.


0 Response to "Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal"

Post a Comment